Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
Bersukacitalah atas keberhasilanmu sendiri, tetapi bersyukurlah kepada Alloh SWT bila seseorang yang lain lebih berhasil dari engkau.
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Buletin Gaul Islam
22 Maret 2005 - 16:24
Mengintip Dunia Seleb       
Edisi 136/Tahun ke-4 (17 Maret 2003)
 

Ngomongin soal seleb, selalu saja menarik. Tingkah laku dan aktivitas keseharian mereka selalu jadi berita dan bahan obrolan kita-kita. Kisah tentang pernikahan, perceraian, album baru, sensasi panggung, kondisi rumahnya, sampe yang remeh-remeh macam kebiasaannya merawat kuku dan hewan, termasuk yang memalukan sekali pun. Semua itu jadi bahan berita yang menebalkan kantong para pengusaha media massa.

Kita bisa saksikan tingkah aneh dan menyebalkan kalangan seleb. Coba saja tengok artis film, penyanyi atau model. Baik seleb lokal maupun mancanegara. Gonta-ganti pasangan sudah menjadi budaya tersendiri. Bahkan bisa jadi merupakan syarat 'wajib' selebritis. Perselingkuhan dan kumpul kebo bukan barang baru di kalangan seleb. Penggunaan narkoba juga akrab banget dengan dunia mereka. Bahkan, gosip dikalangan mereka pun menjadi komoditas alias bisa dijual. Itu sebabnya, dalam dunia jurnalistik berlaku name makes news alias nama membuat berita.

Kalo udah ngetop dan beken, alamat bakal jadi jutawan tajir. Honornya selangit dan tenar kemana-mana. Ini sudah menjadi rahasia umum, lho. Lihat saja bagaimana dahsyatnya sensasi nakal Inul Daratista dalam bergoyang pinggul mendatangkan ‘berkah’ bagi banyak kalangan (termasuk Inul tentunya). Panggung-panggung pertunjukannya dipadati penonton, VCD-nya laris manis. Inul pun dinobatkan sebagai ‘tukang ngebor’ yang tentunya penghasilannya jauh lebih tinggi ketimbang pengebor minyak di lepas pantai. He..he..he..

Iya. Sekali ‘ngebor’ Inul bisa mengantongi duit jutaan euy (inget lho, itu duit semua, bukan daun!). Malah, acara “Bergoyang Bersama Inul Daratista” di sebuah hotel di Jakarta yang rencananya tangal 19-20 Maret mendatang tiketnya udah ludes terjual sejak akhir Februari lalu. Padahal, ongkos untuk menyaksikan Inul ‘ngebor’ itu terbilang cukup mahal untuk ukuran kantong kita-kita, yakni seharga 100 ribu perak. Bener-bener selera rendah! Nggak heran jika Bung Emha Ainun Najib bilang bahwa hebohnya masyarakat dengan goyang Inul itu merupakan potret selera berbudaya masyarakat kita, sekarang. Tuh kan, kalo emang nggak selera, nggak bakalan laku. Huh, pantesan aja Inul seneng! ?

Sobat muda muslim, itu baru Inul lho, yang memang sekarang sedang ngetop-ngetopnya. Seleb lain juga sama ngetopnya, sama tajirnya, dan sama gokilnya. Kamu pernah nonton acara MTV Cribs, tayangan televisi versi MTV yang isinya pamer kemewahan dan kegilaan para selebritis dari berbagai bidang hiburan dan olahraga? Yup, di sana ada cerita seleb yang ngoleksi mobil mewah sekelas BMW, Mercy, Porsche atau Jaguar sampe enam belas biji! Suer ini mobil betulan, bukan mobil-mobilan. Ada juga atlit basket NBA yang punya rumah kayak hotel dengan sembilan belas kamar. Belum lagi cincin berlian, kalung bertahtakan permata, dan sebagainya. Sepertinya seleb itu selalu berbanding lurus dengan punya duit banyak, kendaraan oke punya, rumah pun mewah.

Kelakuan aneh dan memalukan
Ketika menyikapi soal tingkah seleb yang rada-rada aneh itu, seorang konsultan perkawinan yang mukim di Los Angeles, Rhoda Markovitch berkomentar, “Mereka mulai berpikir bahwa popularitas dan kharismanya sebagai bintang memungkinkan mereka mendapatkan segala-galanya. Mereka betul-betul percaya bahwa mereka punya kekuatan sihir,” kata Rhoda seperti yang dikutip oleh Tabloid Citra, Juni 1997.

Itu sebabnya muncul banyak tingkah aneh para seleb, baik di atas panggung pertunjukan musik, teater, film, atau di lapangan hijau. Semuanya seperti kompakan dalam menunjukkan identitas dirinya sebagai seorang yang tenar bin kesohor. Siapa tahu malah digandrungi penggemarnya dan dianggap wajar sebagai orang ngetop. Selain aksi panggung liar yang diperagakan Inul Daratista, grup watu ngglundung dari Inggris, Rolling Stones, juga gemar berkelakuan gila di atas panggung. Konon dalam satu konsernya mereka pernah menyiram penonton dengan air kencing para kru yang dikumpulkan semalam dalam ember besar. Hih, jijay deh!

Soal narkoba juga jadi syarat ‘wajib’ kehidupan kaum seleb. Bener lho. Narkoba dan miras adalah dua “makhluk” yang acapkali diklaim sebagai sodara dekatnya kaum seleb. Hampir bisa dipastikan, bahwa kaum seleb rata-rata udah pernah berhubungan dengan narkoba dan miras.

Benar, sebab hampir 70 persen artis Indonesia diyakini pernah mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang berbahaya (Narkoba), demikian diungkapkan artis sinetron aktivis Peduli AIDS, Nurul Arifin, pada Dialog AIDS di Balikpapan Kaltim.
Menurut istri Mayong itu, selain pemakaian narkoba, ada beberapa artis (selebritis) yang melakukan hubungan seks bebas, sehingga resiko terkena virus HIV AIDS cukup tinggi. "Apalagi dari hasil penelitian, selain dari hubungan seks bebas, 33,3 persen penularan HIV melalui narkoba," kata Nurul seperti dikutip Antara. (satunet.com, 3 Desember 2001). Jadi sangat wajar jika Sandy Handoko darummer Jamrud tewas OD setelah menikmati bubuk putauw (satunet.com, 4/10/ 2000).

Selain bermesraan dengan miras dan narkoba, kalangan seleb juga punya aktivitas memalukan lainnya. Sebut saja dalam urusan pamer aurat. Aduh, kita mah yang lihat malu banget, tapi yang bersangkutan kayaknya menikmati sekalee, dan tentunya bangga dong. Jangan kaget, lagu Asereje milik kelompok Las Ketchup pernah juga dinyanyikan secara keroyokan oleh Krisdayanti, Lusi Rahmawati dan Memes lengkap dengan gaya khasnya yang sensual (dan tentunya pamer aurat dong) dalam acara KD Show di TransTV beberapa waktu lalu. Ckckckck… umur ada batasnya Mbak! ?

Kalau jaman dulu Whitney Houston, Natalie Cole, Nikka Costa, Diana Ross, bener-bener ngejual suara, tapi kebanyakan vokalis akhwat eh cewek sekarang jadi jual bodi. Tengok saja sederatan biduan fave remaja macam Britney Spears, Christina Aguilera, Shakira, Pink, Kylie Minogue, J-Lo (Jennifer Lopez), Destiny’s Child, Atomic Kitten pada berlomba pamer aurat. Bahkan grup instrumentalia macam Bond aja merasa ‘wajib’ menunjukkan keseksian tubuhnya. Nggak terkecuali duo vokalis yang beranjak dewasa M2M mulai ikut-ikutan seniornya pake busana nyablak. Ya kebanyakan dari mereka adalah penganut aliran moderat, alias modal dengkul dan buka aurat. Amit-amit deh, meskipun imut-imut!

Sobat muda muslim, kamu tahu Eminem kan? Nah, si bocah bengal yang lihai nge-rap ini udah dicap sebagai public enemy masa kini gara-gara lirik-lirik lagunya yang kasar dan meghujat banyak kalangan, termasuk ibunya sendiri. Di New Zealand, para distributor kaset diancam denda jika menjual album Marshal Mathers pada anak-anak di bawah usia 18 tahun. Oktober 2000, Jaksa distrik Ontario Kanada, melarang show Eminem di SkyDome setelah seorang wanita memprotes lirik lagunya yang bertentangan dengan undang-undang antikebencian di sana.

Bukan hanya orang lain yang memprotes dan menggugat doi, ibunya sendiri juga menggugatnya sebesar 10 juta dolar, karena lirik lagunya ada yang melecehkan sang ibu. Duh, Eminem belum pernah denger cerita Malin Kundang sih ya! (Hai, No. 24 17 Juni 2002)

Urusan seks bebas juga adalah jajanan sehari-hari kaum seleb. Emang sih yang bukan seleb juga banyak. But, karena mereka nggak terkenal, akhirnya dianggap biasa. Tapi perjalanan kisah-kasih kaum seleb adalah daya tarik. Britney dan Justin Timberlake adalah contoh seleb muda yang doyan ngesek bebas. Justin Timberlake setelah putus dari Britney pernah ngomongin soal Britney. Kata Justin, Britney sudah tidak ‘selugu’ pengakuannya. Itu pula sebabnya Britney ngotot mengajak Justin menikah dalam usia muda. “Aku nggak mau,” kata Justin.

The Sun melaporkan pembicaraan antara Justin dengan teman seperjalanannya dalam sebuah penerbangan Atlanta-Los Angeles. Si teman yang menolak dibeberkan identitasnya itu mengulang perkataan Justin. Katanya, "Everyone thinks she is still a virgin but that is a joke. She lost her virginity a while ago — and I should know." Waduh!
Ya, demikianlah kehidupan para seleb dunia. Nggak Barat, nggak Timur, semuanya sulit untuk mengendalikan diri. Khususnya soal freesex ini. Celaka dua belas memang.

Nggak bahagia dan sombong?
Mungkin, sebagian kita menganggap kalo melihat fakta kaum seleb yang banyak duit, punya rumah dan kendaraan mewah hidupnya pasti bahagia. Ada benernya juga sih, paling nggak itu bahagia secara materi. But, manusia kan nggak cuma hidup dengan materi, tapi juga dengan hal-hal yang nggak bisa dilihat tapi bisa dirasakan, misalnya tentang rasa aman dan nyaman. Catet tuh! ?

Bener lho, Meski tajir plus disembah kaum Hawa, Brad Pitt yang telah malang melintang di dunia akting perfilman Hollywood mengaku risih bila ketemu orang. Doi bilang, “Terus terang, banyak hal yang sempat bikin gue jadi ragu-ragu dan mikir-mikir, nerusin karir akting atau stop dulu. Tapi yang sering bikin gue jengkel adalah kalau ada orang reseh dengan penampilan gue yang nggak seperti mereka harapkan. Juga kalau publik berisik banget pengen tahu kehidupan cinta gue. Bikin gue males ketemu orang...,” begitu katanya. (Gadis, edisi 10 Maret 2000)

Dan masih banyak selebriti lain yang nggak bahagia dalam hidupnya. Oya, banyak juga seleb yang sombong lho. Boleh jadi, kekayaan dan ketenaran adalah bahan bakar ampuh untuk bikin orang jadi gede kepala dan sok kuasa. Seperti yang kini melekat pada diri Christina Aguilera, pelantun Genie In The Bottle. Ceritanya ketika Mark Westlife lagi asyik ngabisin waktu di night club bareng Kian. Tiba-tiba Christina dateng. Dan dengan cueknya minta sama pemilik night club untuk “mengusir” Mark biar dapetin tempat duduknya. Terang aja Mark kesel. “Perasaan, gue nggak pernah bertingkah kayak gitu deh. Gue nggak pernah merasa jadi orang penting kayak dia!" ungkapnya jengkel (kafegaul.com,19 Februari 2001)

Seleb lokal juga banyak yang begitu. Tanpa kudu kita tunjuk satu per satu, kamu bisa melihat sendiri gimana tingkah mereka. Padahal, kesombongan itu bisa ‘menghambat’ kita masuk surga, lho. Kelakuan yang sangat dibenci Allah. Rasulullah saw. bersabda: “Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sebesar dzarrah dari kesombongan,” (HR. Muslim)

Sadarlah para seleb!
Bener. Jangan sampe kelakuan bejatmu diikuti banyak orang. Sadar dong Mbak dan Mas kita yang jadi seleb, bahwa kelakuan buruk Anda akan ditiru orang. Jangan bangga kalo ditiru. Malah berbahaya lho. Sekarang aja nggak sedikit remaja yang ber-pearcing ria. Nggak laki, nggak cewek, semuanya sama-sama dipearcing. Kebiasaan di-piercing alias tindik, dibawa oleh gerombolannya Bon Jovi. Nggak cewek nggak cowok, semuan bertindik. Mulai di telinga, lalu pindah ke hidung, bibir malah ada juga yang nekatz nge-pearcing di lidah. Terakhir, pusar juga di-pearcing alias ditindik. Kayak Agnes 'Dini' Monica yang nge-pearcing di Amrik. “Di Amrik, pearcing lebih steril, jarum dan obatnya masih disegel. Penindiknya pun memakai sarung tangan, jadi hati-hati banget,” kata si pelantun theme song sinetron Pernikahan Dini. Itu juga buah dari ‘keteladanan’ para seleb. Memalukan!

Padahal, agama kita mengajarkan sikap untuk berhati-hati dalam berperilaku. Soalnya, kalau perbuatan buruk kita sampai diikuti orang lain maka kita juga ketiban pulungnya. Sabda Nabi saw.: "Siapa saja yang mencontohkan perbuatan yang baik kemudian beramal dengannya, maka ia mendapat balasannya (pahala) dan balasan serupa dari orang yang beramal dengannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan siapa saja yang mencontohkan perbuatan yang buruk kemudian ia berbuat dengannya, maka ia mendapat balasannya dan balasan orang yang mengikutinya tanpa mengurangi balasan mereka sedikitpun," (HR Ibnu Majah)

Bayangkan kalau seorang seleb berbuat sesuatu yang jelas maksiatnya--gonta-ganti pacar atau cowok make anting misalkan--kemudian diikuti oleh ‘jama’ahnya’ yang berjumlah ribuan, sebesar apa dosa yang harus ia tanggung. Nggak kebayang juga kalau yang mengikuti contoh itu mencapai jutaan orang, wah berapa besar dosa yang melekat pada sang seleb. Ngeri membayangkannya. Jangan sampe kamu ikut-ikutan begitu ya? Kita juga minta supaya pemerintah ‘menertibkan’ (baca: memberi sanksi) mereka yang terlibat. Oke deh, pahami Islam ya. Ayo, Ngaji! Ngaji!… ?

 
 
(Dibaca: 11765 kali | Dikirim: 5 kali | Print: 678 kali | Nilai: 9.00/2 votes )
 

Baca juga :
 
Untuk berlangganan Buletin GAUL ISLAM edisi cetak atau ingin konsultasi dan kirim komentar silahkan hubungi 0812-8841181 (Redaksi).
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2014, Dudung Abdussomad Toha