Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
Rencana jahat apabila terdapat pada diri seseorang maka akan kembali akibatnya kepadanya."Rencana jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri." (Faathir: 43)
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Teknologi Informasi
30 Juni 2001 - 12:06
Bagaimana pola kerja SOHO di dunia cyber?    
Onno W Purbo
 

Sebuah paradigma yang mungkin sulit untuk di hayati bagi sebagian besar profesional di Indonesia. Seorang profesional IT bekerja di rumah, tanpa memiliki perusahaan, tanpa bekerja di perusahaan / konsultan manapun, tanpa bekerja pada siapapun – benar-benar sendiri saja. Saya adalah salah satu dari orang tersebut, biasanya bingung kalau datang atau menelepon ke kantor lain di tanya “anda dari perusahaan mana?”, atau mengisi daftar absen dalam sebuah meeting di situ ada kolom PERUSAHAAN / INSTITUSI nah lho bingung isinya apa? Bahkan kemarin rekan wartawan dari Jawa Pos sempat kebingungan tidak habis pikir pas saya nyatakan bahwa saya bukan seorang eksekutif & tidak kerja di kantoran.

Apa yang saya lakukan termasuk kategori SOHO yang dimungkinkan karena adanya sambungan internet yang memungkinkan aliran informasi yang cepat. SOHO Small Office Home Office merupakan trend yang sangat normal di negara maju. Apakah yang menyebabkan sebuah SOHO bisa survive? Memang harus diakui tidak semua jenis usaha dapat di lakukan secara SOHO, usaha yang sifatnya fisik & perdagangan biasanya membutuhkan struktur yang lebih kompleks tidak bisa dilakukan secara SOHO.

Internet memungkinkan aliran informasi & pengetahuan bersifat interaktif yang sangat cepat. Aliran cepat ini menjadikan kita sebagai pelaku didalam-nya tidak perlu membuat struktur perusahaan yang sifatnya vertikal, tapi struktur yang sangat horizontal – bahkan sering kali sebuah badan usaha / entitas cukup di representasikan oleh satu orang saja dengan sebuah laptop / komputer yang tersambung ke Internet. Bentuk kemitraan / networking menjadi sangat penting, kerjasama antar orang menjadi dominan sekali.

Dalam dunia informasi, survival sebuah badan / orang hanya mungkin dilakukan jika kita bisa mengkonsentrasikan diri pada fungsi kita dalam masyarakat & berusaha agar kita bermanfaat bagi sebanyak mungkin komponen masyarakat. Fungsi yang sangat fokus & spesifik misalnya hanya sebagai guru yang baik, sebagai ahli bidang tertentu saja. Teknologi informasi interaksi yang cepat & intens dengan berbagai mitra sehingga pola win-win yang saling menguntungkan antara berbagai entitas terjadi dengan sendiri-nya jika ada hal yang diperlukan untuk dikerjakan secara bersama.

Yang paling berat dalam bekerja SOHO adalah memberdayakan masyarakat banyak, mengajari masyarakat banyak yang pada akhirnya membangun kemitraan dan membuat / menjaga image. Pola “marketing” dilakukan melalui proses tulis menulis diawali dari yang sangat sederhana menjawab e-mail di mailing list, membuat artikel pendek hingga membuat buku. SOHO hanya bisa hidup jika masyarakat banyak yang terkait dengan usaha SOHO tersebut juga hidup.

 
 
(Dibaca: 7106 kali | Dikirim: 1 kali | Print: 242 kali | Nilai: 0.00/0 votes )
 

Baca juga :
 
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2014, Dudung Abdussomad Toha