Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
"Jangan memandang kecilnya suatu kemaksiatan, tapi lihatlah kepada kebesaran zat yang engkau lakukan kemaksiatan terhadap-Nya." (Bilal bin Rabbah ra)
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Teknologi Informasi
10 Juli 2001 - 10:49
eBdesk, Software Portal Korporasi    
Laporan dari Indosoft 2001
 

Salah satu produsen piranti lunak lokal yang menjajakan produknya di ajang Indosoft 2001 Jakarta adalah PT eBdesk Indonesia. eBdesk yang sebenarnya "berdapur" di sebuah rumah biasa di bilangan Raden Patah Bandung, telah memiliki kantor pusat di Jakarta dan sebuah kantor cabang di Singapura. Produknya adalah sebuah software portal korporasi berbasis Linux. "Software corporate portal eBdesk mampu mengintegrasikan informasi maupun aplikasi yang digunakan oleh sebuah perusahaan ke dalam web-based interface yang dapat dipersonalisasi," ujar Ricky E.V. Ichsan, Strategic Alliance Head eBdesk, Selasa (10/7/2001).

Menurut Ricky, informasi yang akan disajikan bisa berasal dari dalam perusahaan, maupun dari internet, dan dapat diakses melalui internet browser, memungkinkan orang bekerja kapanpun dan di manapun untuk mengakses resource perusahaan. Berdasarkan informasi yang terdapat dalam situs www.ebdesk.com, beberapa aplikasi eBdesk antara lain fasilitas e-mail, calendar, forum, chat, news, messenger, document management, internet channels, knowledge management, indexing dan search. Salah satu institusi yang akan segera memasang produk ebDesk adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bagi keperluan internalnya. Dinyatakan pula bahwa banyak perusahaan Indonesia yang memilih menggunakan ebDesk untuk menggantikan fungsi software Lotus Domino dan Microsoft Exchange.

"Hingga kini lisensi eBdesk yang telah terjual di dalam negeri sudah berjumlah sekitar 800 buah. Kami juga tengah membidik pasar-pasar potensial di luar negeri, seperti Singapura dan Amerka," ujar Ricky. Angka 800 tersebut tentulah masih jauh dari target 25 ribu lisensi pada 2001. Tetapi setidaknya hal tersebut bukanlah angka yang buruk untuk sebuah software lokal yang baru diluncurkan pada Januari 2001. Dengan harga software USD 1000 untuk 25 user atau USD per user, eBdesk menetapkan target produknya pada perusahaan berukuran menengah dengan jumlah user antara 25 hingga 500 orang.

Beberapa mitra kerjasama telah dijalani oleh ebDesk untuk memperluas pangsa pasarnya. Saat ini eBdesk telah memiliki 15 channel distribusi. eBdesk pada pertengahan Maret 2001 juga telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan perusahaan Linux Trustix AS Norway untuk membundle produk ebDesk dan Trustix di pasaran dunia. Bahkan menurut informasi, eBdesk akan bermitra dengan produsen software lokal lainnya untuk saling membundle produknya di pasaran.

 
 
(Dibaca: 11574 kali | Dikirim: 0 kali | Print: 268 kali | Nilai: 0.00/0 votes )
 

Baca juga :
 
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2017, Dudung Abdussomad Toha