Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
"Rasulullah menjelaskan, tatkala ditanya oleh seorang sahabat, 'Wahai Rasulullah, apakah itu ghibah?' Lalu jawab Baginda, 'Menyebut sesuatu yang tidak disukai oleh saudaramu di belakangnya!' Kemudian Baginda ditanya lagi, 'Bagaimana sekiranya apa yang disebutkan ltu benar?' jawab Baginda, 'Kalau sekiranya apa yang disebutkan itu benar, maka itulah ghibah, tetapi jika sekiranya perkara itu tidak benar, maka engkau telah melakukan buhtan (pembohongan besar)'." (Hadis riwayat Muslim, Abu Daud dan At-Tarmizi)
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Teknologi Informasi
06 Februari 2002 - 11:10
Google Gunakan Bahasa Jawa    
 

Walaupun sudah banyak tergantikan oleh Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa saat ini masih banyak digunakan oleh kalangan etnis Jawa yang merupakan etnis terbesar di Indonesia. Mungkin karena itulah “Google” memasukkan Bahasa Jawa sebagai salah satu bahasa pengantar di situs situs search engine itu.

Versi Bahasa Jawa mesin pencari Google itu bisa dijumpai di alamat www.google.com/intl/jw. Atau bisa juga dengan masuk ke bagian "Language Tools" pada halaman depan situs Google.

Dengan masuknya Bahasa Jawa, Google saat ini telah menyediakan layanan dalam 72 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Selain situs Google.com, raksasa search engine ini juga memiliki 26 situs lokal dengan domain negaranya masing-masing.

Bahasa yang dipilih oleh Google memang tidak selalu mewakili sebuah negara. Google bahkan memiliki interface berbahasa Hacker dan Klingon – sebuah ras humanoid dalam film fiksi ilmiah “Star Trek”.

Ada juga bahasa fiktif “Pig Latin” yang membalik huruf pertama ke belakang sebuah kata dengan membubuhkan akhiran –ay. Jadi Kata “Results” akan berubah menjadi “Esultsray” dan “Web” akan menjadi “Ebway”.

Terlepas dari pemilihan berapa bahasa yang terkesan tidak serius itu, pemilihan Bahasa Jawa ini terbilang cukup menarik. Google berbahasa Jawa bisa menjadi alternatif bagi pengguna Bahasa Jawa yang selain di Indonesia juga tersebar di seluruh Asia Tenggara. Etnis Jawa juga tercatat sebagai salah satu etnis yang dominan di Republik Suriname yang terletak di Amerika Selatan.

Seperti versi-versi lainnya, Google versi Bahasa Jawa ini juga menyediakan lebih dari 2 miliar cacahe kaca web (jumlah halaman web - Red). Jadi kalau ingin mencari informasi di internet, klik saja tombol “Google Nggolekki” untuk kategori Web, Gambar-Gambar, Kelompok atau Bagian.

Top tenan!

____________________
sumber : detikcom

 
 
(Dibaca: 49318 kali | Dikirim: 3 kali | Print: 424 kali | Nilai: 0.00/0 votes )
 

Baca juga :
 
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2014, Dudung Abdussomad Toha