Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
"Kadang hati menganggap biasa untuk rasa manis, karena ia cenderung pada kenikmatan.Berbeda dengan pahit, rasa itu begitu cepat dominan buat lidah hati. Seolah tidak pernah ada rasa manis sebelum pahit, semuanya menjadi sangat pahit."(anonymous)
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Teknologi Informasi
23 November 2001 - 17:52
GPRS, Akankah Kita Memakainya...?    
 

Indosat baru saja meluncurkan IM3 dengan General Packet Radio Service (GPRS) teknologi. Disamping nelpon dan SMS, GPRS teknologi memungkinkan kita untuk bisa beremail-ria, dengerin musik, radio, dan melakukan internet aplikasi lainnya. Aplikasi multimedia lain seperti 'videophone', 'video on demand' atau foto diharapkan juga akan dapat dinikmati dengan menggunakan jaringan GPRS.
 
Apakah kita akan dapat menikmati aplikasi-aplikasi diatas? Dalam kenyataannya, itu sangat bergantung dari harga, baik harga dari segi peralatan (hp, laptop, palmtop, etc) maupun harga dari service yang kita gunakan.  Harga service - dari provider - dihitung dari berapa banyak kita mentransfer data. Bisa kita bayangkan bahwa untuk video applikasi akanlah sangat mahal sedangkan untuk SMS bisa menjadi sangat murah.
Sebagai contoh:  Telfort, GPRS provider di belanda,  memberi harga 5 euro (sekitar 50.000 rupiah) untuk 1 MB data transfer. Yang bisa kita dapatkan adalah satu dari aplikasi-aplikasi berikut *)

- 5.000 SMS text
- 330 chat sesi
- 2000 halaman internet pake WAP
- 12 halaman internet biasa
- 400 e-mails (tanpa attachments)
- 4 email dengan attachments
- 2 menit streaming video
- sepertiga dari MP3 musik 

*) berdasar dari rata-rata besarnya data (Telfort)

Jadi berdasar harga tersebut, untuk melihat 'extra' dari film yang akan kita tonton sebelum membeli karcis akan menjadi sangat mahal mengingat untuk itu kita membayar tiga kali harga karcis bioskop. Mendengarkan musik melalui GPRS juga sangat mahal melebihi harga sebuah cd musik. Lebih jauh lagi, harga halaman internet biasa bisa mencapai 5000 rupiah per halaman!  Namun, disisi lain bisa kita saksikan bahwa harga SMS dan WAP menjadi sangat murah.

Apakah kita - di Indonesia - akan bisa menikmati aplikasi-aplikasi diatas dengan harga terjangkau, itu tergantung dari harga yang diberikan IM3. Berapapun harganya kelak, secara teknis kita bisa prediksi bahwa WAP aplikasi akan menjadi lebih cepat dan yang merupakan keuntungan besar adalah kita bisa 24 jam online! Email akan dapat didownload dengan HP kita setiap saat dimanapun kita berada.  (wied)

----------------------
( Diterjemahkan dan diedit dari www.gprs-info.nl )

 
 
(Dibaca: 9749 kali | Dikirim: 1 kali | Print: 402 kali | Nilai: 0.00/0 votes )
 

Baca juga :
 
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2017, Dudung Abdussomad Toha