Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
"Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya ia hanyalah perbuatan-perbuatan kalian yang aku perhitungkan bagi kalian kemudian Aku cukupkan buat kalian; barangsiapa yang mendapatkan kebaikan, maka hendaklah ia memuji Allah dan barangsiapa yang mendapatkan selain itu, maka janganlah ia mencela selain dirinya sendiri.” (Hadits Qudsi)
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Teknologi Informasi
23 Maret 2005 - 14:41
Kerja Digital       
 

ERA teknologi komunikasi informasi ini memang di satu sisi mengubah pola pikir kita terhadap berbagai gadget yang digelar dengan berbagai teknologi yang canggih. Kita cenderung menganggap berbagai kemampuan gadget ini harus bisa setara dengan perangkat teknologi lainnya.

Kita menginginkan, misalnya, ponsel yang selalu bersama kita untuk bisa dan mampu menggantikan peranan komputer secara utuh. Harapannya, sebuah ponsel kategori smartphone "harus" menjadi alternatif pengganti komputer di jalanan.

Di antara harapan ini adalah kemampuan ponsel untuk bisa berkomunikasi melalui saluran VPN (Virtual Private Network), memungkinkan kita terkoneksi dengan sistem komputerisasi di kantor. Artinya, melakukan berbagai pekerjaan kantor dari jarak jauh, di mana saja dan kapan saja.

Semua ini memang akan sangat tergantung dari berbagai aplikasi yang ada di dalam ponsel itu sendiri, seperti aplikasi VPN yang membuat pipa saluran digital tersendiri melalui akses GPRS untuk terkoneksi ke dalam sistem jaringan komputerisasi kantor.

Tetapi para produsen ponsel pun memacu dan mendorong secara lebih cepat kemampuan yang ada pada ponsel di masa depan. Persoalan layar, daya tahan baterai, dan kemudahan penggunaan menjadi isu penting untuk menjadi ponsel sebagai gadget perkantoran.

Sisi lain yang juga sangat penting adalah tersedianya aplikasi perangkat lunak. Belum lama ini, Citrix Systems, Inc memperkenalkan aplikasi Citrix Symbian OS ICA Client bagi perangkat yang menggunakan sistem operasi Symbian Series 80.

Aplikasi ini menjadi sangat penting untuk bisa mewujudkan dan menjadikan ponsel sebagai perangkat perkantoran jarak jauh. Menggunakan aplikasi Client Citrix ini, secara mudah kita bisa berhubungan dengan sistem komputerisasi jaringan kantor.

Berbagai pekerjaan yang ada di dalam sistem komputer kantor dengan mudah bisa diakses melalui ponsel. Bahkan, aplikasi Client Citrix ini mampu menjalankan berbagai aplikasi besar untuk ditampilkan pada layar ponsel, dan digunakan seolah-olah penggunanya berada di belakang sebuah komputer di kantor.

Perkembangan gadget masa depan memang menjadi memudahkan siapa saja di mana saja untuk menyelesaikan pekerjaan kantornya. Bahkan, ponsel kategori 3G juga sekarang didorong untuk menjadi televisi bagi kita menonton hiburan atau berita.(rlp)

-------
Kolom Teknologi Informasi, Harian Kompas, 21-02-05.

 
 
(Dibaca: 16542 kali | Dikirim: 7 kali | Print: 344 kali | Nilai: 8.00/1 votes )
 

Baca juga :
 
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2014, Dudung Abdussomad Toha