Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
"Jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. An-Nahl:18)
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Teknologi Informasi
29 Juni 2001 - 17:36
Lucent Temukan Potensi Baru Komunikasi Serat Optik       
 

Ilmuwan Bell Labs milik raksasa telekomunikasi Lucent Technologies Inc, Kamis (28/6), mengumumkan ditemukannya potensi baru transmisi data via serat optik. Potensi ini memungkinkan digunakannya serat optik untuk mentransmisikan data dengan kecepatan sepuluh kali lipat dari sistem transmisi serat optik yang ada saat ini. Demikian dilaporkan kantor berita Reuters, Kamis (28/6).

Penemuan yang dipublikasikan dalam The British Journal Nature ini menemukan kemungkinan transmisi data sebesar 100 tera bits, atau setara dengan 20 juta halaman email, secara simultan melalui seutas serat optik. Sistem serat optik yang dipergunakan saat ini hanya dapat dipergunakan untuk mengirimkan data dengan kecepatan 10 terabits per detik.

"Laporan ini menekankan pengertian fundamental dari kapasitas serat optik, " ujar Alastair Glass, chief technical officer Optical Networking Group Lucent. "Penemuan itu memberikan gambaran bahwa kita masih jauh dari batas-batas fundamental sebuah sistem. Masih belum jelas, kapan serat optik mendekati batas teoritisnya," tambah Glass.

Serat optik saat ini merupakan media transmisi kabel tercepat yang banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Amerika Serikat, pembangunan jaringan serat optik telah menghabiskan dana sebesar US$ 90 juta dalam empat tahun terakhir dan berhasil menanamkan serat optik sepanjang 39 juta mil.

Transmisi menggunakan serat optik terbilang sangat efisien. Selain data yang dilalukan jauh lebih besar, transmisi melalaui jaringan optik relatif hanya memerlukan penguatan yang kecil ketimbang transmisi melalui media lain.

Peneliti di Lucent mengatakan, sangat sulit untuk menentukan limit data yang dapat ditransmisikan melalaui jaringan serat optik. Soalnya, kondisi fisik serat optik itu sendiri menyebabkan sinar sebagai carrier data yang dilalukan melalui jaringan itu mudah tercampur.

Jika sinyal ditransmisikan dengan penguatan yang terlalau kecil, akan terjadi gangguan berupa noise. Sedangkan jika sinyal terlalu kuat akan terjadi interferensi antar data yang ditransmisikan. Karena itulah Lucent terus mengembangkan teknik dan panjang gelombang yang tepat untuk melakukan transmisi melalui serat optik. Ilmuwan di Bell lans tengah meneliti kemungkinan transmisi di atas 100 terrabits per detik tanpa menyebabkan noise atau interferensi sinyal.

sumber : detik

 
 
(Dibaca: 8864 kali | Dikirim: 6 kali | Print: 284 kali | Nilai: 7.00/1 votes )
 

Baca juga :
 
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2017, Dudung Abdussomad Toha