Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
Sahabat adalah dorongan ketika engkau hampir berhenti, petunjuk jalan ketika engkau tersesat, membiaskan senyuman sabar ketika engkau berduka, memapahmu saat engkau hampir tergelincir dan mengalungkan butir-butir mutiara doa pada dadamu...Ikhwan and akhwat...moga hati kita dipertautkan karena-Nya
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Teknologi Informasi
26 November 2001 - 11:09
Mobile Enterprise Information Portal    
 

Sejumlah ilmuwan akan menciptakan komputer super dengan sirkuit sebesar nano, yang lebih kecil dari ukuran rambut manusia!

Pada ulasan sebelumnya (Telset edisi 09, September 2001) kita telah mengetahui mengenai latar belakang, manfaat dan permasalahan seputar GPRS untuk komunikasi data bagi masyarakat mobile. Namun, apakah aplikasi mobile Internet hanya sebatas mengakses situs web melalui telepon selular? Jelas tidak. Anggapan tersebut hanya serupa dengan gambaran Internet pada masa awal dekade 1990-an. 

Bila kita bandingkan dengan pemanfaatan teknologi Internet dewasa ini, tentu sangat jauh berbeda. Dulu kita tidak mengenal adanya Intranet, Virtual Private Network, e-Procurement, atau B2B e-commerce, misalnya. Demikian pula halnya dengan mobile Internet. Infrastruktur yang memadai dengan GPRS, dilengkapi dengan layanan dari Mobile Service Provider dan dukungan peranti akses yang kompatibel, memberikan peluang besar dalam pemanfaatan mobile Internet untuk keperluan bisnis.

Informasi Dimana Saja

Dengan situasi persaingan bisnis di masa sekarang, para pelaku bisnis dituntut untuk dapat memperoleh informasi yang tepat pada saat yang dibutuhkan. Hal ini dapat dikatakan berlaku untuk segala lapisan, mulai dari teknisi gedung sampai dengan penjual properti, dari dokter sampai manajer investasi. 

Jenis dan banyaknya informasi yang mereka butuhkan tentu sangat berbeda, bukan hanya karena profesinya saja tapi juga faktor-faktor lain yang melekat pada invividu tersebut seperti jabatan, lokasi fisik, atau faktor demografis. Tak jarang, informasi yang dibutuhkan bukanlah informasi yang tersedia untuk publik, melainkan informasi spesifik yang hanya boleh diketahui oleh kelompok tertentu, misalnya sebuah tim penjualan, atau sekelompok pedagang elektronika, atau nasabah dari sebuah perusahaan pialang. Kebutuhan tersebut lebih terasa lagi di daerah metropolitan seperti Jakarta atau Surabaya, dimana semakin banyak bidang-bidang pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi.

Kita ambil contoh seorang tenaga penjual yang bekerja di perusahaan properti. Karena banyaknya jalur penjualan yang disediakan perusahaan untuk konsumen, secara konvensional akan mendatangkan kesulitan bagi para tenaga penjual untuk melakukan penjualan, karena harus melakukan konfirmasi berulang-ulang terhadap kapling yang tersedia, atau terhadap suku bunga KPR yang sedang berlaku, dan sebagainya.

Menganalisa kebutuhan diatas, pada dasarnya dapat dikatakan bahwa tipe alur informasi yang dibutuhkan adalah akses terhadap informasi spesifik oleh sekelompok orang yang teridentifikasi (non-publik). Dibutuhkan pula adanya suatu penyaringan dan personalisasi informasi sehingga dapat disampaikan kepada orang yang tepat dan pada waktu yang tepat secara efektif dan efisien.

Mobile Enterprise Information Portal

Berdasarkan analisa diatas, lahirlah solusi Mobile Enterprise Information Portal (m-EIP). Solusi ini merupakan sebuah sistem yang menjembatani pengguna mobile Internet dengan informasi yang disediakan oleh suatu perusahaan atau organisasi.

Pemanfaatan m-EIP terbuka luas untuk berbagai tipe bisnis dan keperluan, mulai dari Mobile Office, Mobile Sales Force Automation (m-SFA), Mobile Field Support Automation (m-FSA) sampai keperluan khusus seperti informasi kepolisian. Dengan demikian, penggunaan m-EIP tidak terbatas pada informasi yang diperoleh secara cepat, tetapi bahkan untuk melakukan proses bisnis. Contoh dari proses bisnis yang dapat dilakukan mulai dari yang sederhana seperti permohonan cuti sampai ke proses inti seperti pemesanan barang atau konfirmasi penerimaan barang.

Solusi Mobile Office memungkinkan para profesional untuk mengakses informasi dari sistem korporat seperti groupware, Intranet, atau aplikasi ERP, praktis dari segala tempat. Akses tersebut dapat dilakukan dari perangkat mobile seperti telepon selular, PDA (Personal Digital Assistant) berbasis PalmOS, EPOC dan Windows CE, atau perangkat gabungan telepon selular dengan PDA berbasis Java.

Sebagai ilustrasi, pada gambar diberikan contoh sebuah Intranet perusahaan yang dipersonalisasi untuk akses melalui perangkat mobile

Melalui salah satu menu pada Intranet tersebut, seorang pengguna melakukan personalisasi Mobile Office dengan memilih bagian-bagian yang paling diperlukannya, dengan tujuan untuk membuat prioritas bagi informasi dan fasilitas yang paling penting.

Dengan demikian, si pengguna mempunyai kebebasan mutlak untuk menentukan sendiri content yang diperlukannya secara mobile, dan bagi departemen yang menyediakan informasi tersebut juga terlepas dari beban untuk membuat content khusus bagi akses mobile.

Beberapa gambar terakhir menunjukkan ilustrasi tampilan content yang telah dipilih oleh si pengguna, ketika diakses melalui telepon selular.

Contoh pemanfaatan m-EIP untuk Mobile Office seperti diatas adalah bentuk paling sederhana, agar dapat memberikan gambaran dasar mengenai proses personalisasi dan perubahan content. Seperti disebutkan sebelumnya, aplikasi dalam bidang-bidang lain seperti penjualan, informasi teknis, database pelanggan atau persediaan barang, akan meningkatkan manfaat dan Return On Investment yang jauh lebih signifikan.

______________
Sumber : Telset Maggazine

 
 
(Dibaca: 9395 kali | Dikirim: 1 kali | Print: 361 kali | Nilai: 0.00/0 votes )
 

Baca juga :
 
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2017, Dudung Abdussomad Toha