Home   • Profil   • Hubungi   • Testimonial   • RSS
Meletakkan perhatian pada kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan diri sendiri sama seperti berpegang erat pada tangkai berduri.
»
Photo Kebesaran Alloh SWT
»
Mesjid Penuh Mukjizat
»
Bila Aku Jatuh Cinta
»
Dikala Ragu Akan dirinya
»
Proposal Nikah
»
Doa Harian Ramadhan
 
 
Pencarian  
 
 
Teknologi Informasi
29 Oktober 2001 - 19:11
Tips Menghemat Pulsa Internet       
Oleh : Onno W. Purbo
 

Apakah Anda pengguna internet. Bagaimana dengan pulsa internet Anda? Membengkakah atau normal-normal saja? Nah, agar Anda bisa menghemat pulsa internet Anda mesti simak kiat dari pakar internet ITB, Onno W. Purbo. Nah, berikut tips ala Onno W. Purbo:

Prinsip yang harus dipegang erat-erat sangat sederhana, usahakan semaksimal mungkin agar kegiatan yang kurang produktif dilakukan secara offline dan meminimalkan hal-hal yang sifatnya entertainment.

Sebaiknya jangan atau minimalkan akses ke web, jangan menggunakan free mail lewat web dan jangan melakukan IRC (chatting). Ketiga jenis aplikasi paling populer ini justru yang paling memakan pulsa paling besar. Onno juga membagi pengalamannya. Untuk akses email dan akses web. Untuk email dia menggunakan account POP e-mail di ISP yang dibayar Rp.30.000 per bulan merupakan bagian dari jasa ISP kepada pelanggannya. Kelihatannya mahal karena kita bayar Rp.30.000. Tapi dengan membayar tadi Onno bisa menggunakan email client software seperti Outlook Express, Eudora dll. untuk mengatur semua mailnya. Onno dapat mengetik atau mempersiapkan semua berita secara offline.

Demikian juga pada saat Anda membaca mail, karena Outlook Express & Eudora memungkinkan untuk menyimpan semua mail Anda di harddisk lokal maka Anda dapat membaca mail secara offline tanpa perlu takut pulsa telepon.

Dengan cara sederhana ini maka sangat menghemat pulsa Telkom yang sangat mahal. Pulsa telkom hanya digunakan pada saat proses pengiriman dan pengambilan mail saja. Caranya pun sederhana sebetulnya setelah semua berita siap untuk dikirim, maka kita cukup menekan tombol send & receive di Outlook Express untuk mengirimkan dan mengambil semua mail dari ISP. Outlook Express bisa di set agar hubungan ke ISP langsung secara automatis putus (auto-disconnect) sesaat setelah semua mail sudah dikirim dan mail dari POP account di ISP sudah di ambil.

Bayangkan untuk mengirim atau menerima sekitar 200-600 mail Onno hanya membutuhkan waktu sambungan ke ISP melalui telkom sekitar 5 menit saja. Biaya per menit ke internet sekitar Rp. 150 / menit (Rp.75 untuk Telkom & Rp. 75 untuk ISP-nya). Artinya per hari Onno mengeluarkan biaya Rp. 1000-2000 untuk e-mail saya, sebuah biaya yang murah untuk mengirim 600-an mail / hari.

Berbeda dengan jika Anda menggunakan e-mail seperti hotmail.com, yahoo.com, usa.net yang semua-nya berbasis web. Untuk free email yang berbasis web tersebut maka mau tidak mau Anda harus menyalakan telepon dan menghubungkan diri ke internet pada saat membaca mail, menulis jawaban, menulis mail, mengirim mail. Onno yakin dalam waktu 5 menit paling banter Anda hanya bisa mengirim atau membaca sekitar 2-5 surat saja. Tentunya hal ini akan berdampak sangat buruk pada tagihan pulsa Telkom maupun ISP Anda.

Yang lain yang sering membuat orang pusing adalah kalau anda hanya punya satu komputer yang dipakai bersama-sama bagaimana cara-nya supaya mail setiap orang berbeda dan tidak dibaca oleh yang lain? Di Windows98 sudah di sediakan fasilitas untuk multi-user baik windows- nya yang multi-user maupun di microsoft outlook express-nya fasilitas tersebut memungkinkan satu buah PC digunakan beramai-ramai oleh banyak orang tanpa bisa satu orang membaca mail orang yang lain karena di proteksi menggunakan password.

Bagaimana dengan akses web? Langsung di klik menuju URL yang dituju. Onno tidak akan membaca secara detail informasi yang di peroleh pada saat browsing tapi Onno akan mengirimkannya melalui email ke accountnya di indo.net semua halaman informasi yang saya peroleh pada saat browsing dengan cara itu saya bisa membaca semua informasi setelah semua masuk ke laptop saya via e-mail dan tidak perlu takut argo berjalan.

Jika Anda menggunakan PC atau laptop sendiri untuk browsing fasilitas sinkronisasi di internet explorer akan sangat membantu untuk menyedot informasi dari web untuk nantinya dibaca secara offline. Hal ini sering Onno lakukan dengan laptopnya. Jadi fasilitas sinkronisasi akan menyedot semua URL yang Onno spesifikasikan dan dapat Onno set supaya nantinya dapat dibaca secara offline. Dengan cara itu sangat effisien untuk menghemat pulsa juga.

Nah, begitulan strategi menghemat pulsa dari Onno. Anda ingin mencobanya? Mudah-mudahan hal yang sama dapat berlaku untuk Anda. Selamat berhemat ria!

 
 
(Dibaca: 17978 kali | Dikirim: 22 kali | Print: 451 kali | Nilai: 8.00/1 votes )
 

Baca juga :
 
  Network : dijual.net | tempatpromosi.com | cyberdakwah.net
Copyright © 2001 - 2017, Dudung Abdussomad Toha